Kamis, 16 Februari 2017

RPP Kelas 1 Tunagrahita Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 1



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
Kelas /Semester
Tema
Sub Tema
Alokasi Waktu
Pembelajaran

:
:
:
:
:
:

SDLBN 34 Pagaruyung
I  Tunagrahita / 1 ( Satu )
1 ( Diriku )
1 ( Aku dan Teman Baruku )
3 Hari  ( 3 x 5 JP )
1

A.   Kompetensi Inti.
KI-1
KI-2


KI-3




KI-4
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator





Kompetensi Dasar
Indikator
Bahasa Indonesia
3.3. Mengenal cerita diri/personal tentang keluarga dengan bantuan guru   dalam   bahasa   Indonesia lisan.
4.3. Menyampaikan informasi cerita diri/personal tentang keluarga dalam  bahasa  Indonesia lisan dengan bantuan guru

·    Menyebutkan nama diri
·    Menyebutkan nama teman


·    Mengenalkan diri
·    Mengenalkan teman

 PPKn
4.1. Menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan salah satu simbol sila Pancasila

· Cerita hidup rukun besama teman melalui bermain bersama.
Matematika
3.1. Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
4.1. Menuliskan lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana

·    Menirukan membilang 1-5



·    Menghitung jumlah teman   1-5
SBDP
3.1.  Mengenal cara menggambar
4.1.  Menggambar objek sederhana

·    Mewarnai kartu nama

C.   Tujuan Pembelajaran.
1.  Dengan memperhatikan contoh guru siswa menirukan mengucapkan nama diri dengan benar
2.  Dengan memperhatikan contoh guru siswa dapat menirukan mengucapkan nama teman dengan benar
3.  Dengan memperhatikan contoh guru siswa dapat menirukan membilang jumlah teman
4.  Dengan mengamati gambar siswa dapat  memasangkan nama teman sesuai gambar.
5.  Melalui bermain dan bernyanyi bersama siswa dapat mengenalkan diri.
6.  Dengan mengamati gambar dan contoh guru  siswa dapat mewarnai kartu gambar.
7.  Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mewarnai kartu nama dengan rapi.

D.   Materi Pembelajaran.
Bahasa Indonesia
:
§  Teks bacaan aku dan teman baruku
PPKn
:
§  Hidup Rukun Bersama teman
Matematika
:
§  Hidup Rukun Bersama teman
SBdP

§  Mewarnai kartu nama

E.   Metode Pembelajaran.
1.    Metode (ceramah, demonstrasi, penugasan dan tanya jawab).
2.    Pendekatan: Scientific (mengamati,mengumpulkaninformasi,eksperimen,   mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).

F.   Media/Alat,Bahan  dan Sumber Pembelajaran.
1. Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola
2. Buku siswa kelas 1 Tema Diriku
3. Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong-potong dan diberi nama masing-masing siswa
4. Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan
5. Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama

G.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran      
     Pertemuan ke 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Kegiatan di awali dengan  berdoa dan bernyanyi bersama, kemudian  guru memperkenalkan diri kepada siswa.
§  Guru mengabsen siswa satu persatu sambil menanyakan tentang identitas siswa dengan suasana penuh keakraban.
15 Menit
Kegiatan Inti
Teman Baru
Ayo Belajar
§  Guru     meminta   siswa   membuka   buku siswa hal.  2 dan g u r u  membacakan teks sederhana  tentang  Eli  dan   teman barunya.
§  Guru       menunjukkan      contoh     cara berkenalan, seperti yang  dilakukan Eli dan teman-temannya di buku  siswa hal.  2-3
Ayo Lakukan
§  Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui  sebuah  permainan  lempar  bola dan   menjelaskan   aturan   bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau  berdiri). Permainan  dimulai dari guru dengan  mem-perkenalkan diri,
    ‛Selamat  pagi,   nama  saya Ibu/  Bapak.... melempar  bola    pada  salah satu  siswa
    (hindari pelemparan bola  dengan keras)
§  Siswa    yang      berhasil   menangkap   bola harus menyebutkan       nama panggilannya  Kemudian,  dia  melempar kepada     teman lain.      Temanyang menangkap      lemparan bola, menyebutkan      nama     panggilannya. Begitu  seterusnya  sampai  seluruh  siswa memperkenalkan diri.
§  Guru membimbing siswa untuk berdoa sebelum istirahat.
§  Mengulang kembali kegiatan pembelajaran yang baru saja dilakukan.
120 Menit
Penutup
§  Kegiatan   ditutup   dengan   bernyayi   bersama lagu-lagu anak-anak dan berdoa bersama.
15  Menit
    
   Pertemuan ke 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Kegiatan hari kedua diawali dengan berdoa dan bernyanyi bersama-sama (lagu balonku ada lima dan  rajin  ke  sekolah atau disesuaikan  dengan tema dan kondisi siswa)
15 Menit
Kegiatan Inti
§  Guru minta siswa mengamati gambar yang ada di buku siswa dan sambil memperhatikan guru  memberikan  contoh  cara  menghitung  teman- teman Eli (mengenalkan lambang bilangan 1-5 sesuai dengan jumlah teman-teman Eli.
Ayo lakukan
§  Kemudian    dengan    bimbingan    guru    siswa berlatih      menirukan      mengucapkan      nama lambang      bilangan      1-5      dengan      benar. Pembimbingan  guru  dilakukan  secara  klasikal dan individual.
§  Guru    membimbing    siswa    berdoa      sebelum Istirahat
Ayo amati
§  Siswa   mengamati gambar    contoh siswa yang sedang        memperkenalkan        diri      sambil memperhatikan         guru    membacakan  atau menjelaskan teks sederhana yang ada di buku.
                     

Ayo Bernyanyi
§  Kemudian  guru    mengajak   siswa  untuk bernyanyi sambil mengingat  kembali nama-nama  teman di kelas. Guru  bisa menggunakan   lagu   yang     ada  di   buku siswa.
    Lirik lagu ‚Siapa Namamu‛
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku ............. (sebutkan nama anak).
§  Siswa   berada   pada   posisi   lingkaran.   Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa,lalu siswa itu menyebutkan namanya sambil menyanyi ‚Siapakah Namamu menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
120 Menit
Penutup
§  Kegiatan ditutup dengan bernyanyi dan berdoa bersama.
15 Menit
   
   Pertemuan ke 3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Kegiatan     diawali     dengan     berdoa     dan bernyanyi bersama.
15 Menit
Kegiatan Inti
Ayo berkreasi
§  Guru  menjelaskan  bahwa  untuk  dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
§  Guru   menyampaikan   bahwa   siswa   akan
     membuat kartu nama mereka masing-masing.
§  Guru membagikan potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.
§  Guru  menunjukkan  kartu  namanya  sendiri yang  sudah  dibuat  sebelumnya  sebagai contoh.
§  Siswa diminta untuk menghias dan atau mewarnai  kartu  nama  mereka  masing- masing.
§  Guru    membimbing    siswa    untuk    berdoa bersama sebelum istirahat.
§  Siswa diminta menggunakan kartu namanya
     selama berada di sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
120 Menit
Penutup
§  Kegiatan   ditutup   dengan   bernyanyi   dan berdoa bersama sebelum pulang
15 Menit

H.   Penilaian
1. Penilaian
a. Teknik Penilaian:
Sikap:
§  Percaya  diri, disiplin dan kerjasama
Pengetahuan :
§  Mengenal identitas diri dan teman
§  Mengenal lambang bilangan 1-5
Ketrampilan:
§  Mewarnai kartu nama

b. Instrumen Penilaian Dan Pedoman Penskoran :
     a) Penilaian Sikap
Percaya Diri, Disiplin, Dan Bekerja Sama
Lembar pengamatan terhadap siswa di kelas
  Tanggal Pengamatan :   ………………………………….     
  Observasi terhadap sikap  Percaya Diri, Disiplin, Dan Bekerja Sama
No.

NAMA
SISWA
ASPEK YANG DIKEMBANGKAN
KET
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja Sama
BT
(1 )
MT
(2)
MB
(3 )
SM
(4 )
BT
(1 )
MT
(2)
MB
(3 )
SM
(4 )
BT
(1 )
MT
(2)
MB
(3 )
SM
(4 )
1.
Ilham













2.
Keysha













3.
Yaqub













*)Guru    memberikan  tanda(  )  pada   setiap  kriteria  sesuai  dengan nilai  karakter yang muncul dari siswa      
Keterangan
(1)
(2)
(3)
(4)
BT
MT
MB
SM
:
:
:
:
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Sudah Membudaya


















BT:  Belum Terlihat,
apabila  peserta   didik  belum  memperlihatkan  tanda-tanda awal   perilaku   yang   dinyatakan   dalam   indicator  karena belum memahami makna dari nilai itu ( Tahap Anomi).
MT: Mulai Terlihat,
apabila  peserta      didik        sudah  mulai  memperlihatkan adanya tanda-tanda awal   perilaku yang dinyatakan dalam indicator  tetapi  belum  konsisten  karena  sudah  ada pemahaman dan mendapat penguatan lingkungan terdekat (Tahap Heteronomi).
MB: Mulai Berkembang,
apabila peser ta didik  sudah memperlihatkan berbagai  tanda perilaku yang dinyatakan dalam indicator dan mulai konsisten, karena selain sudah ada pemahaman dan kesadaran  juga  mendapat  penguatan  lingkungan  terdekat dan lingkungan yang lebih luas  (TahapSosionomi).
SM: Sudah  Membudaya,
apabila peser ta didik terus  menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam  indicator  secara  konsisten  karena selain    sudah    ada    pemahaman    dan    kesadaran   dan mendapat penguatan lingkungan terdekat dan lingkungan yang lebih luas  sudah tumbuh kematangan moral (TahapAutonomi).

b) Penilaian Unjuk Kerja
   Rubrik Memperkenalkan Diri dengan Permainan
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kemampuan memperkenalk an diri
Siswa mampu menyebutkan namanya dengan benar
Dengan cepat sesuai lagu
Siswa mampu menyebutkan namanya tetapi malu-malu
Siswa hanya mampu menyebutkan namanya tetapi kurang jelas
Siswa belum mampu memperkenalkan diri
2.
Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan
Siswa mampu melakukan permainan sesuai
dengan
instruksi
tanpa
pengarahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai
aturan tetapi
dengan
1 kali arahan
ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuaiaturan, tetapi
dengan lebih
dari 1
kali arahan ulang
Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan
3.
Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap
Siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat(tidak
pernah
meleset)
Siswa melempar dan menangkap
bola, tetapi 1-2
kali
meleset
Siswa melempar dan menangkap bola,
tetapi lebih
dari 3
kali meleset
Siswa belum mampu melempar
dan menangkap bola

Cara Penilaian Kegiatan Memperkenalkan Diri dengan Permainan
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Kriteria 1
Kriteria 2
1.
Ilham


2.
Keysha


3.
Yaqub



Rubrik Mengenal anggota tubuh dengan bernyanyi
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kemampuan membilang 1-5
Siswa mampu membilang 1-5 dengan benar
Siswa mampu membilang 1-5 dengan benar
Siswa hanya mampu membilang
1-3  dengan benar
Siswa belum mampu membilang
1-5

Cara Penilaian Kegiatan Mengenal anggota tubuh dengan bernyanyi
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Kriteria 1
Kriteria 2
1.
Ilham


2.
Keysha


3.
Yaqub



Rubrik Mewarnai/Menghias Kartu Nama
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1

Jumlah warna yang digunakan
Menggunakan 4 warna atau
lebih
Menggunakan 3 warna
Menggunakan 2 warna
Menggunakan 1 warna
2
kebersihan dan kerapian
gambar terlihat, bersih, rapi dan rata dalam memberi warna
gambar terlihat, bersih, rapi tetapi  kurang rata dalam memberi warna
gambar terlihat, bersih, tetapi kurang rapi dan kurang rata dalam member warna
gambar terlihat kotor, tidak rapid an tidak rata dalam warna

Cara Penilaian Kegiatan Mewarnai/Menghias Kartu Nama
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Kriteria 1
Kriteria 2
1.
Ilham


2.
Keysha


3.
Yaqub


Rumus Perolehan Skor Siswa
Jumlah Skor Yang Diperoleh Siswa
X 100
Skor Ideal

Keterangan:
§  Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2.
§  Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.
       skor ideal = 2 X 4 = 8.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar