Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Kelas /Semeseter
Tema
Sub Tema
Alokasi Waktu
Pembelajaran
|
:
:
:
:
:
:
|
SDLBN 34 Pagaruyung
II Tunagrahita / 1 ( Satu )
1 ( Anggota Keluargaku )
1 ( Ayahku )
1 Hari
1
|
A.
Kompetensi Inti.
KI-1
KI-2
KI-3
KI-4
|
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati ( mendengar, melihat, membaca ) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B.Kompetensi Dasar dan Indikator.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Bahasa Indonesia
3.3
Mengenal teks terimakasih tentang
sikap kasih sayang dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3
Menyampaikan teks terima kasih
mengenai sikap kasih sayang secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
§ Menirukan
membaca teks sederhana tentang anggota keluarga (ayah)
§ Menunjukkan
gambar anggota keluarga (ayah)
§ Menyebutkan
nama anggota keluarga (ayah)
§ Menyampaikan/kata/ kalimat
ungkapan sayang pada keluarga (ayah)
§ Menyampaikan uangkapan kata
tertima kasih
§ Melafakan dan menuliskan kata
dan kalimat sederhana tentang
anggota keluarga (ayah).
|
Matematika
3.1 Mengenal bangun datar dan bangun ruang
menggunakan benda-benda yang ada di
sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.1 Mendeskripsikan bangun datar dan bangun
ruang menggunakan benda benda yang ada
di sekolah sekitar rumah, , atau tempat bermain.
|
§ Menunjukkan contoh bangun datar lingkaran dan segi tiga
§ Mengelompokkan bangun datar
lingkaran dan segi tiga
§ Mewarnai lingkaran dan segi
tiga
§ Menyampaikan/kata/kalimat
ungkapan sayang pada keluarga (ayah)
§ Menyampaikan uangkapan kata
tertima kasih
§ Melafakan dan menuliskan kata
dan kalimat sederhana tentang
anggota keluarga (ayah).
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengenal gambar ragam hias
4.1
Menggambar ragam hias dengan pola dan
pengulangan sederhana
|
§ Menyebutkan contoh gambar ragam hias
§ Menunjukkan contoh gambar
§ Mewarnai gambar ragam hias
|
C.
Tujuan
Pembelajaran.
1.
Melalui pengamatan dan contoh guru siswa dapat menirukan membaca teks deskriptif sederhana tentang ayah dengan
lancar.
2.
Melalui pengamatan dan contoh guru siswa dapat
menirukan mengucapkan nama ayahnya dengan benar
3.
Melalui pengamatan dan contoh dan cerita guru siswa dapat mengucapkan kalimat sayang ayah.
4.
Melalui pengamatan dan contoh
cerita guru siswa dapat mengucapkan kata terima kasih saat menerima sesuatu
5.
Melalui pengamatan dan contoh
guru siswa dapat menirukan menebalkan huruf.
6.
Dengan mengamati gambar siswa dapat menunjukkan gambar segitiga.
7.
Dengan mengamati contoh guru siswa dapat menunjukkan
gambar lingkaran.
8.
Dengan mengamati contoh guru siswa dapat menebalkan
contoh bangun datar.
9.
Dengan mengamati gambar siswa dapat mengelompokkan
bangun datar.
10. Dengan mengamati gambar siswa dapat mewarnai gambar ayah.
D. Materi Pembelajaran.
Bahasa Indonesia
|
§
Teks bacaan
sederhana tentang ayah
§ Mengucapkan dan menebalkan kata/ kalimat sederhana tentang ayah.
§ Mengucapkan terimakasih
|
Matematika
|
§ Bangun datar (lingkaran dan segi tiga)
|
SBdP
|
§ Mewarnai gambar ayah
|
E.
Metode
Pembelajaran.
1. Metode
(ceramah, demonstrasi, penugasan dan tanya jawab).
2. Pendekatan:
Scientific (mengamati, mengumpulkan
informasi,eksperimen, mengasosiasi/menalar,
dan mengkomunikasikan).
F. Media/Alat,Bahan dan Sumber Pembelajaran.
- Gambar/ foto keluarga
- Gambar/foto ayah
- Gambar sosok ayah yang siap untuk di warnai
- Contoh gambar bangun datar lingkaran dan segi tiga
- Lego
- Puzel bangun datar
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru mengondisikan siswa secara
klasikal untuk mengawali pembelajaran dengan berdoa.
§ Guru berkomunikasi tentang
kehadiran siswa, dilanjutkan dengan mengabsen.
§ Guru mendeskripsikan ilustrasi
gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum
kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dalam pembelajaran 1 subtema 1
§ Guru menstimulus pengetahuan
dan daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan pada buku siswa
§ Biarkan siswa mengembangkan
jawabannya secara mandiri dan mampu menjadikan benda-benda atau
peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya sebagai sumber
inspirasi.
§ Siswa diberi kesempatan
mengamati dan menganalisis gambar secara cermat.
§ Guru menggunakan rubrik
pengamatan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
|
15
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati:
§ Pada awal pelajaran guru mengkondisikan siswa secara klasikal dengan
mendeskripsikan ilustrasi gambar anggota keluarga dan membacakan teks bacaan
tentang ayah pada buku siswa.
Gambar
Anggota Keluarga
Menanya:
§ Guru menstimulus pengetahuan dan daya analisa siswa dengan mengajukan
pertanyaan pada buku siswa, misalnya:Siapa nama ayah putu? Apakah kalian juga
sayang ayah? Mengapa kalian sayang ayah?
§ Biarkan siswa mengembangakan jawabannya sendiri secara mandiri dengan
mengamati gambar dan penjelasan guru sebagai sumber inspirasi.
Mencoba:
§ Siswa mengamati contoh guru membacakan dan melafalkan kata dan mengeja
huruf tentang Ayah pada buku
siswa kemudian siswa mencoba menirukan dengan benar.
§ Kemudian guru menunjukkan contoh cara menebalkan huruf/kata yang
berhubungan dengan ayah, kemudian siswa mencoba berlatih untuk menirukan
menebalkan huruf/kata yang ada pada buku siswa.
Menalar:
§ Pada kegiatan ayo menalar, Guru mengawali
kegiatan dengan mentimulus siswa tentang hadiah yang di berikan oleh ayah
yaitu sebuah lego (mengenalkan bentuk bangun datar khususnya segitiga dan
lingkaran).
§ Guru membimbing
siswa untuk mengamati bentuk
bangun datar segi tiga dan
lingkaran sambil bermain lego.
§ Siswa berlatih menebali dan member warna gambar segitiga dan lingkaran
kemudian di lanjutkan dengan mengerjakan latihan memasangkan bangun datar
pada buku siswa.
Menyajikan:
§ Pada
kegiatan ayo menyajikankan atau mengkomunikasikan, guru mengawalinya dengan menunjukkan contoh gambar
ayah dan cara mewarnai gambar. Kemudian siswa mewarnai gambar ayah secara
mandiri.
|
120
Menit
|
Penutup
|
§ Guru mempertegas kembali penanaman sikap sayang
pada anggota keluarga tentang kemampuan siswa dalam menyebutkan nama ayah,
mengenal bangun datar segitiga dan lingkaran.
§ Guru memberikan pekerjaan rumah (PR) untuk berlatih
mengucapkan/melafalkan kata, menebalkan kata/kalimat dan membedakan bagun
datar segitiga dan lingkaran.
§ Memberikan catatan tentang apa yang sudah dipelajari siswa dan PR
siswa pada buku penghubung.
§
Kegiatan ditutup dengan berdo’a bersama.
|
15
Menit
|
H. Penilaian, Remedial dan Pengayaan
1. Penilaian
a. Teknik Penilaian:
Sikap:
·
Kasih sayang, menghormati orang lain, santun
Keterampilan:
·
menirukan mengucapkan, dan menebali kata/kalimat sederhana.
·
Mewarnai gambar.
Pengetahuan:
·
Mengenal bentuk bangun datar
b.
Instrumen penilaian dan pedoman penskoran :
a)
Sikap
Lembar Pengamatan
Bulan :
............................ 2016
Nilai
Karakter yang Dikembangkan : Kasih
Sayang
No.
|
Nama
|
Perkembangan *)
|
Ket.
|
|||||||||||||||
Minggu I
|
Minggu II
|
Minggu III
|
Minggu IV
|
|||||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
|||
1
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||
5.
|
*) Guru memberikan tanda pada setiap kriteria sesuai
dengan
nilai karakter yang
muncul dari siswa
Keterangan :
SB = Sangat baik
apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku
yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten karena selain sudah ada pemahaman dan kesadaran dan mendapat
penguatan lingkungan terdekat dan lingkungan yang lebih luas sudah tumbuh kematangan moral (Tahap
Autonomi).
B = baik
apabila peserta didik
sudah memperlihatkan berbagai
tanda perilaku yang dinyatakan
dalam indikator dan mulai konsisten, karena selain sudah ada pemahaman dan
kesadaran juga mendapat penguatan lingkungan terdekat dan lingkungan yang lebih
luas (Tahap Sosionomi).
C = cukup
apabila peserta
didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten karena sudah ada pemahaman dan mendapat penguatan lingkungan terdekat
(Tahap Heteronomi).
K = Kurang
apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator
karena belum memahami makna dari nilai
itu (Tahap Anomi).
b) . Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Mengucapkan/melafalkan
dan menebalkan kata/kalimat
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan Guru
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kemampuan
memgucapkan/melafalkan kata/kalimat
|
Dapat menirukanmengucap ka/kalimat dengan lafal dan
intonasi yang benar dan lancar tanpa
bimbingan guru
|
Dapat menirukanmengucap ka/kalimat dengan lafal dan intonasi
yang benar tetapi kurang lancar tanpa
bimbingan guru
|
Dapat menirukanmengucap ka/kalimat dengan lafal dan
intonasi yang benar dan lancar dengan
sedikit bimbingan guru
|
Tidak apat menirukanmengucapkan kata/kalimat dengan
lafal dan intonasi yang benar dan
lancar tanpa bimbingan guru
|
2.
|
Kemampuan
menebalkann kata/kalimat
|
Dapat menirukanmenebalkan kata/kalimat dengan benar
dan lancar tanpa bimbingan guru
|
Dapat menirukanmenebalkan kata/kalimat dengan benar
tetapi kurang lancar tanpa bimbingan guru
|
Dapat menirukanmenebalkan kata/kalimat dengan benar
dan lancar dengan sedikit bimbingan guru
|
Tidak apat menirukan menebalkan kata/kalimat dengan
benar dan lancar tanpa bimbingan guru
|
Cara Penilaian
Mengucapkan/melafalkan dan menebalkan
kata/kalimat
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan
Skor
|
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
1
|
|||
2
|
|||
Rumus perhitungan
sebagai berikut
Jumlah Skor yang
diperoleh siswa
|
X 100
|
Skor Ideal
|
Keterangan:
• Jumlah skor yang diperoleh
siswa adalah jumlah skor yang diperoleh
siswa dari kriteria 1 dan
kriteria 2.
• Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya
kriteria dengan skor tertinggi.
Pada contoh
ini, skor ideal = 2 x
4 = 8.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Mewarnai
Gambar
Nama Siswa: …….
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan Guru
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kebersihan
dan kerapian
|
Gambar
terlihat, bersih, rapi dan rata dalam
memberi warna
|
Gambar
terlihat, bersih, rapi tetapi kurang rata dalam memberi warna
|
Gambar
terlihat, bersih, tetapi kurang
rapi dan kurang rata dalam member warna
|
Gambar
terlihat kotor, tidak rapi dan tidak rata dalam warna
|
2.Pengayaan
1.
Salinlah
tulisan berikut ini!
a y a
h
|
2.
Buatlah
gambar Segitiga
3.
Buatlah
gambar lingkaran
3.
Remedial
Siswa diberi remedial (pengulangan) kembali
sesuai dengan kemampuan siswa dengan pendekatan pembelajaran yang berbeda,
misalnya pada menebalkan kata/kalimat.
Mengetahui,
Kepala SDLBN 34 Pagaruyung
Asrin Senur, S.Pd
Nip : 19580618 1984 03
1 004
|
Pagaruyung, 18 Juli 2016
Guru Kelas C/D2
Cicah Sarianingsih,S.Pd
Nip.19650824 198510 2
001
|
ijin share ya bu..terimakasih
BalasHapusSilahkan
HapusMaaf bu boleh minta filenya gag?
BalasHapusbuk bisa mtak file lengkapnya buk,,
BalasHapus