Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
Memahami
pengetahuan actual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
Menyajikan
pengetahuan actual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
A.
Kompetensi Dasar dan Indikator.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahasa Indonesia
|
|
3.2.
4.2.
|
Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta
pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
Mempraktikan teks arahan /petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan
kebugaran tubuh secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
penyajian
|
Menjelaskan tentang teks
petunjuk pemeliharaan kebugaran tubuh
Membaca teks petunjuk
tentang merawat kebugaran tubuh
|
SBdP
|
|
|
3.1.
4.1.
|
Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
|
Mengidentifikasi gambar sebagai karya
seni ekspresi
Menggambar ekspresi berdasarkan hasil
pengamatan lembar kerja di dalam buku siswa
|
B.
Tujuan
Pembelajaran.
1. Dengan mengamati gambar,
siswa mampu menjelaskan macam-macam olahraga dengan santun.
2. Dengan membaca nyaring,
siswa mampu menyebutkan macam-macam olahraga dengan percaya diri.
3. Dengan menebalkan huruf,
siswa dapat menemukan 2-3 macam-macam jenis olahraga dengan disiplin.
4. Dengan menulis kata-kata siswa mampu menulis
macam-macam olahraga dengan percaya diri.
5. Dengan memasangkan gambar
siswa mampu mengidentifikasi alat-alat olahraga dengan percaya diri.
6. Dengan mampu
mengidentifikasi alat-alat olahraga, siswa mampu menggambar salah satu olahraga
yang disukainya dengan tertib.
7. Dengan menggunakan
gambar, siswa mampu menentukan pola gambar tertentu dengan tepat.
8.
Dengan pengamatan terhadap
gambar, siswa mampu melengkapi pola gambar dengan tepat.
C.
Materi Pembelajaran.
Bahasa
Indonesia
|
:
|
Teks
petunjuk tentang merawat kebugaran tubuh
|
SBdP
|
:
|
Menggambar ekspresi
|
D.
Metode Pembelajaran.
1.
Metode (ceramah, demonstrasi, penugasan dan tanya
jawab).
2.
Pendekatan: Scientific (mengamati,mengumpulkaninformasi,eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).
E.
Media/Alat,Bahan dan Sumber Pembelajaran.
1. Buku siswa.
2.
Pensil/pensil warna/krayon/spidol.
F.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kabar siswa dan
mengajak berdoa bersama.
|
15
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku siswa.
Siswa menyebutkan macam-macam olahraga.
Siswa bertanya jawab
berkaitan dengan gambar yang diamatinya.
Beri kesempatan kepada
siswa untuk saling mengajukan pertanyaan dan menjawab.
Contoh pertanyaan yang mungkin:
·
Olahraga apa yang kamu lihat pada gambar?
·
Apa yang kamu ketahui tentang olahraga tersebut?
·
Berapa banyak anak yang bermain bulutangkis pada gambar?
·
Berapa banyak anak yang bermain sepak bola pada gambar?
·
Berapa jumlah anak seluruhnya pada gambar?
·
Olahraga mana yang merupakan olahraga tim?
·
Sikap apa yang harus dilakukan dalam melakukan olahraga tim?
·
Olahraga apa yang paling kamu sukai?
·
Olahraga apa yang baru kamu ketahui?
Siswa membaca nyaring macam-macam cabang olahraga dengan bimbingan guru.
|
120
Menit
|
Penutup
|
Kegiatan ditutup dengan
bernyanyi dan berdoa bersama
sebelum pulang
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru membuka pelajaran
dengan menanyakan kabar siswa dan mengajak berdoa bersama.
|
15
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Siswa diminta untuk
mengingat kembali / pelajaran hari kemarin.
Siswa menebalkan kata
macam-macam cabang olahraga yang dipelajari.
Untuk mengonfirmasi
pengetahuan siswa, siswa menyebutkan kembali macam-macam cabang olahraga
yang sudah diketahui
dan baru diketahui.
Setelah menyebutkan
macam-macam cabang olahraga, siswa bertanya jawab tentang cabang-cabang
olahraga dan alat-alat olahraga yang mereka ketahui dengan arahan guru.
Siswa mengamati contoh
pertanyaan yang diajukan guru guru sebagai berikut:
• Jika kamu ingin
bermain sepak bola, alat apa yang kamu butuhkan?
Siswa melakukan
kegiatan tanya jawab secara bergantian berdasarkan contoh pertanyaan guru
yang divariasikan atau dengan bahasa mereka sendiri.
• Jika kamu ingin bermain bulutangkis, alat apa yang kamu butuhkan?
• Jika kamu ingin bermain kasti, alat apa yang kamu butuhkan?
dan seterusnya.
|
120
Menit
|
Penutup
|
Kegiatan ditutup
dengan bernyanyi dan berdoa bersama sebelum pulang
|
15
Menit
|
Pertemuan ke 3
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kabar siswa dan
mengajak berdoa bersama.
|
15
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Siswa diminta untuk mengingat kembali / pelajaran hari kemarin.
Siswa menyebutkan kembali alat-alat yang dipergunakan untuk
berolahraga.
Siswa berlatih mengenal alat olahraga dengan mema- sangkan
gambar alat-alat olahraga yang saling berhu- bungan dengan menarik garis.
Misalnya, gambar bola dengan gambar lapangan bola dan gambar pelampung dengan
kolam renang.
Kemudian, siswa memilih pasangan gambar yang paling disukai
untuk dijadikan tema dalam menggambar.
Siswa menggambar dan mewarnai sesuai tema yang dipilih.
Siswa menuliskan tema yang dipilihnya di sudut kiri
|
120
Menit
|
Penutup
|
Kegiatan ditutup
dengan bernyanyi dan berdoa bersama sebelum pulang
|
15
Menit
|
G.
Penilaian
1. Penilaian
a.
Teknik Penilaian:
Sikap
• Tertib, percaya diri,
dan Santun
Pengetahuan
• Mengetahui
jenis-jenis olahraga
• Mengenal nama alat-alat
olahraga
Keterampilan
• Kreatif
• Kemampuan menulis
• Mengamati
|
b. Instrumen Penilaian Dan Pedoman Penskoran :
a) Penilaian Sikap
Percaya
Diri, Disiplin, Dan Bekerja Sama
Lembar pengamatan terhadap siswa di kelas
Tanggal Pengamatan : ………………………………….
Observasi terhadap sikap Percaya Diri, Disiplin, Dan Bekerja
Sama
No.
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK YANG
DIKEMBANGKAN
|
KET
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja Sama
|
BT
(1 )
|
MT
(2)
|
MB
(3 )
|
SM
(4 )
|
BT
(1 )
|
MT
(2)
|
MB
(3 )
|
SM
(4 )
|
BT
(1 )
|
MT
(2)
|
MB
(3 )
|
SM
(4 )
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*)Guru
memberikan tanda( )
pada setiap kriteria
sesuai dengan nilai karakter yang muncul dari siswa
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1)
(2)
(3)
(4)
|
BT
MT
MB
SM
|
:
:
:
:
|
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Sudah Membudaya
|
BT: Belum
Terlihat,
apabila peserta didik belum memperlihatkan
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator karena belum memahami makna dari nilai itu ( Tahap Anomi).
MT: Mulai Terlihat,
apabila peserta didik
sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal
perilaku yang dinyatakan dalam indicator
tetapi belum
konsisten
karena sudah
ada pemahaman dan mendapat penguatan lingkungan terdekat (Tahap Heteronomi).
MB: Mulai Berkembang,
apabila peser ta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indicator dan mulai konsisten, karena selain sudah ada pemahaman
dan kesadaran juga mendapat penguatan lingkungan
terdekat dan lingkungan yang lebih luas
(TahapSosionomi).
SM: Sudah Membudaya,
apabila peser ta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam
indicator secara
konsisten karena selain sudah ada pemahaman dan kesadaran dan mendapat penguatan lingkungan terdekat dan
lingkungan yang lebih
luas sudah tumbuh kematangan moral (TahapAutonomi).
b) Penilaian Unjuk Kerja
Rubrik
Kegiatan Menggambar dan Mewarnai
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Kesesuaian gambar dengan tema
|
Gambar sesuai dengan
tema
dan konkrit
|
Gambar sesuai dengan tema meskipun belum konkrit
|
Gambar belum sesuai
dengan tema
|
Belum mampu menggambar
|
2
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan
4 warna atau lebih
|
Menggunakan
3 warna
|
Menggunakan
2 warna
|
Menggunakan
1 warna
|
Cara Penilaian Kegiatan mengenal
dan menyampaikan pendapat tentang ciri ciri teman
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
Rumus Perolehan Skor Siswa
Jumlah Skor Yang Diperoleh Siswa
|
X
100
|
Skor Ideal
|
Keterangan:
•
Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2.
•
Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.
skor
ideal = 2 X 4 = 8.
Mengetahui,
Kepala SDLBN 34 Pagaruyung
Asrin
Senur, S.Pd
NIP : 19580618 1984 03 1 004
|
Pagaruyung, 18 Juli 2016
Guru Kelas C/D1
Cicah Sarianingsih,S.Pd
NIP.19650824 198510 2 001
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar