Komoetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kelas I Tunagrahita
1.1
Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
1.2 Terbiasa
membaca basmalah setiap
mulai
aktivitas
|
||
|
|
||
3. Memahami pengetahuan fakual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengenal
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
3.2 Mengenal
makna al-Asmaul Husna; ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik.
3.3 Mengenal
pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S al-Fatihah, Q.S al-Ikhlas, al –‘Alaq/96:1-5
3.4 Mengetahui
huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara
lengkap
|
||
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1 Menceritakan kisah keteladanan Nabi
Muhammad SAW
4.2 Melafalkan Asmaul Husna : ar-Rahman, Ar- Rahim,
al-Malik
4.3 Melafalkan Q.S al-Ftihah, al-Ikhlas, dan
Al-Alaq /
96: 1- 5 dengan benar dan jelas
4.4 Menunjukkan hapalan Q.S al-Fatihah,
aIkhlas dan
al-Alaq/96 1-5 dengan benar dan jelas
4.5 Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah harakatnya secara lengkap.
|
1. Kompetensi Dasar Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
KELAS I
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2
Menerima kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib
dan aturan yang berlaku dalam kehidupan di rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan
perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah
dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila
Pancasila
|
1. Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia
KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima
dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa
atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
|
2.1 Memiliki
rasa percaya diri terhadap
keberadaan tubuh melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab
merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur
dalam hal kegiatan dan keberadaan keluarga melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
|
3. Memahami
pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah
dan di sekolah.
|
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang
anggota tubuh dan pancaindra dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan
tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
|
4. Menyajikan
pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang
anggota tubuh dan pancaindra secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang
merawat tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3 Menyampaikan teks cerita diri/personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yangdapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
4. Kompetensi Dasar
Matematika
KELAS I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1
Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, tertib
dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada
matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3
Memiliki sikap objektif dan menghargai
pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengenal
lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang
sederhana
3.2
Mengenal
bilangan asli sampai 50 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.3
Mengenal
dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda
konkrit
3.4
Menunjukkan
pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari
20
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menuliskan
lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang
sederhana
4.2.1. .Menuliskan bilangan asli
sampai 50 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah,
atau tempat bermain
4.2.2. .Menggunakan benda kongkrit
untuk menelusuri penjumlahan
4.3.1. Menuliskan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
4.3.2. Menuliskan dan mengembangkan, dan membuat pola
berulang
4.4. Menghitung
besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
|
7.
Kompetensi Dasar Seni Budaya dan Prakarya
KELAS I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Menyatakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda
kekuasaan Tuhan
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri dalam
mengekspresikan diri melalui
karya seni dan prakarya
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu tentang alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam
berkarya
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan
peduli terhadap alam sekitar melalui aktivitas apresiasi dan berkarya
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengenal
karya gambar ekspesi
3.2 Mengenal
karya cetak tinggi
3.3 Mengenal
pola irama lagu bervariasi
3.4 Memahami
cara memainkan alat musik ritmis
3.5 Mengenal
unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh
3.6 Mengenal level gerak dalam menari
3.7 Mengenal
karya kerajinan dari media kertas
3.8 Mengenal
karya kerajinan dari limbah di lingkungan rumah
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menggambar ekspresi berdasarkan hasil pengematan lingkungan sekitar
4.2
Membuat karya seni cetak dengan
bahan dan proses sederhana
4.3
Menyanyikan lagu anak-anak
dengan tepuk birama
4.4
Memainkan pola irama lagu
bertanda birama dua dengan tepuk
nervariasi
4.5
Melakukan gerak kepala, tangan,
kaki, dan badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar
4.6
Menirukan gerak alam di
lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan memperhatikan
level tinggi rendah dan sedang
4.7
Membuat karya kerajinan dari
beragam kertas
4.8
Membuat karya kerajinan dari
limbah di lingkungan rumah
|
8.
Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
KELAS
I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak sesuai kemampuannya
sebagai anugrah Tuhan
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1
Berperilaku
sportif dalam bermain sesuai dengan kemampuannya.
|
2.2
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik sesuai dengan
kemampuannya.
|
|
2.3
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana
dan prasarana yang telah di modifikasi dalam
pembelajaran.
|
|
2.4
Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama mengikuti
pembelajaran.
|
|
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan
yang telah di modifikasi
|
|
2.6
Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas
fisik dalam bentuk permainan
|
|
2.7
Memiliki perilaku
hidup sehat
|
|
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengenal konsep gerak dasar lokomotor ,
seperti lompat, loncat, jalan, lari dalam
bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional yang dimodifikasi
|
3.2 Mengenal konsep berbagaii pola gerak dasar dominan statis, seperti
bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang /samping, bergantung, sikap
kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki dalam aktivitas senam
sederhana sesuai dengan kemampuan
|
|
3.3
Mengenal konsep
penggunaan pola gerak dasar lokomotor (langkah, jalan, lompat, dll) dan non-lokomotor (memutar, mendorong, menarik,
dll) sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik sederhana.
|
|
3.4
Mengenal lingkungan kolam dengan duduk dan berdiri di pingir kolam
yang dangkal. *)
|
|
3.5
Mengenal bagian-bagian tubuh sendiri, kegunaan, dan cara menjaga
kebersihannya terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga,
tangan dan kaki.
|
|
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mempraktekkan gerak dasar lokomotor ,
seperti lompat, loncat, jalan, lari dalam
bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional yang dimodifikasi
|
4.2 Mempraktekkan berbagaii pola gerak dasar dominan statis, seperti
bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang /samping, bergantung, sikap
kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki dalam aktivitas senam
sederhana sesuai dengan kemampuan
|
|
4.3 Mempraktekkan penggunaan pola gerak dasar
lokomotor (langkah, jalan, lompat, dll) dan non-lokomotor (memutar, mendorong, menarik, dll) sesuai dengan
irama (ketukan) tanpa/ dengan musik
dalam aktivitas gerak ritmik sederhana.
|
|
4.4
Mempraktekkan duduk dan berdiri
di pingir kolam yang dangkal. *)
|
|
4.5
Menceriterakan bagian-bagian tubuh sendiri, kegunaan, dan cara menjaga
kebersihannya terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga,
tangan dan kaki.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar