Senin, 06 Maret 2017

Komoetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kelas I Tunagrahita



Komoetensi Inti dan  Kompetensi Dasar Kelas I Tunagrahita  

1.1       Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1   Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
1.2   Terbiasa membaca basmalah setiap
         mulai aktivitas
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,,dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi
        dari pemahaman sifat “shiddiq”
        Rasulullah SAW
 2.2  Memiliki sikap pemaaf sebagai
        implementasi dari pemahaman
        kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.3             Memiliki sikap percaya diri
    sebagai implementasi dari pemahaman
    Q.S. Al-Ikhlas
2.4      Memiliki perilaku rajin belajar
 sebagai  implementasi dari pemahaman
  Q.S. Al-’Alaq (96): 1-5
3.  Memahami pengetahuan fakual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya    berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1    Mengenal kisah keteladanan Nabi   Muhammad SAW
 3.2   Mengenal makna al-Asmaul Husna; ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik.
 3.3   Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S al-Fatihah, Q.S al-Ikhlas, al –‘Alaq/96:1-5
 3.4   Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya  secara lengkap
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,  dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan berakhlak mulia.

4.1    Menceritakan kisah keteladanan Nabi
          Muhammad SAW
4.2    Melafalkan Asmaul Husna : ar-Rahman, Ar- Rahim, al-Malik
4.3    Melafalkan Q.S al-Ftihah, al-Ikhlas, dan
Al-Alaq / 96: 1- 5 dengan benar dan jelas
 4.4   Menunjukkan hapalan Q.S al-Fatihah, aIkhlas  dan al-Alaq/96 1-5 dengan benar dan jelas
 4.5   Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah harakatnya secara lengkap.

1.   Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
KELAS I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1   Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2   Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2   Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan di rumah dan sekolah
2.3   Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

3.1   Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

4.1   Menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila


1.   Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia  

KELAS: I

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
1.1    Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2    Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2. Memiliki perilaku jujur,  disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1    Memiliki rasa percaya diri terhadap
keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.2   Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.3    Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan keberadaan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah
dan di sekolah.
3.1    Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2    Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3   Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1  Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2   Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3   Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis  yangdapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.




4. Kompetensi Dasar Matematika
KELAS I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1     Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2     Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3     Memiliki sikap objektif dan menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1     Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.2     Mengenal bilangan asli sampai 50 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.3     Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
3.4     Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20

4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1     Menuliskan lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
4.2.1. .Menuliskan bilangan asli sampai 50 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.2.2. .Menggunakan benda kongkrit untuk menelusuri penjumlahan
4.3.1. Menuliskan pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
4.3.2. Menuliskan dan mengembangkan, dan membuat pola berulang
4.4.    Menghitung besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20

7. Kompetensi  Dasar Seni Budaya dan Prakarya
KELAS I
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1   Menyatakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1   Menunjukkan rasa percaya diri dalam  mengekspresikan diri melalui  karya seni dan prakarya
2.2   Menunjukkan rasa ingin tahu tentang alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya
2.3   Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan peduli terhadap alam sekitar melalui aktivitas apresiasi dan berkarya
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1  Mengenal karya gambar ekspesi
3.2  Mengenal karya cetak tinggi
3.3  Mengenal pola irama lagu bervariasi
3.4  Memahami cara memainkan  alat musik ritmis
3.5  Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh
3.6  Mengenal   level gerak dalam menari
3.7  Mengenal karya kerajinan dari media kertas
3.8  Mengenal karya kerajinan dari limbah di lingkungan rumah

4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1   Menggambar ekspresi  berdasarkan hasil pengematan  lingkungan sekitar
4.2   Membuat karya seni cetak dengan bahan dan proses sederhana
4.3   Menyanyikan lagu anak-anak dengan tepuk birama 
4.4   Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dengan tepuk  nervariasi
4.5   Melakukan gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar
4.6    Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan memperhatikan level  tinggi rendah dan sedang
4.7    Membuat karya kerajinan dari beragam kertas
4.8    Membuat karya kerajinan dari limbah di lingkungan rumah



8. Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
   KELAS I
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak sesuai kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Berperilaku sportif dalam bermain sesuai dengan kemampuannya.
2.2  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik sesuai dengan kemampuannya.
2.3  Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana yang telah di modifikasi dalam  pembelajaran.
2.4  Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama mengikuti pembelajaran.
2.5  Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan yang telah di modifikasi
2.6  Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.7  Memiliki perilaku hidup sehat
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1  Mengenal konsep gerak dasar lokomotor , seperti lompat, loncat, jalan, lari dalam  bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi
3.2 Mengenal konsep berbagaii pola gerak dasar dominan statis, seperti bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang /samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki dalam aktivitas senam sederhana sesuai dengan kemampuan
3.3        Mengenal konsep penggunaan pola gerak dasar lokomotor (langkah, jalan, lompat, dll) dan non-lokomotor (memutar, mendorong, menarik, dll) sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik sederhana.
3.4  Mengenal lingkungan kolam dengan duduk dan berdiri di pingir kolam yang dangkal. *)
3.5  Mengenal bagian-bagian tubuh sendiri, kegunaan, dan cara menjaga kebersihannya terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Mempraktekkan gerak dasar lokomotor , seperti lompat, loncat, jalan, lari dalam  bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi
4.2  Mempraktekkan berbagaii pola gerak dasar dominan statis, seperti bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang /samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki dalam aktivitas senam sederhana sesuai dengan kemampuan
4.3   Mempraktekkan penggunaan pola gerak dasar lokomotor (langkah, jalan, lompat, dll) dan non-lokomotor (memutar, mendorong, menarik, dll) sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik sederhana.
4.4  Mempraktekkan  duduk dan berdiri di pingir kolam yang dangkal. *)
4.5  Menceriterakan bagian-bagian tubuh sendiri, kegunaan, dan cara menjaga kebersihannya terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar